• home
Home » , , » Lowongan CPNS Badan SAR Nasional 2013

Lowongan CPNS Badan SAR Nasional 2013

Badan SAR Nasional yang merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) dan SMK / SLTA untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan SAR Nasional tahun anggaran 2013.

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
  • Memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) baik dari lulusan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN); atau memiliki ijazah SMK / SLTA negeri atau swasta yang terakreditasi, dan bagi ijazah yang diperoleh dari sekolah / perguruan tinggi luar negeri harus mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi / Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya dari Unit pelayanan kesehatan Pemerintah.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / Anggota TNI / POLRI maupun sebagai pegawai swasta yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,--.
  • Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI / POLRI, dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain (pemerintah atau swasta), yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,--.
  • Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
  • Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran on line yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,--. (persyaratan angka 3 sampai dengan angka 8, dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional)

Persyaratan Khusus

  • Usia
    • Minimal pada tanggal 1 Desember 2013 telah berusia 18 tahun untuk semua jenjang pendidikan (Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), dan SMK / SLTA).
    • Maksimal pada tanggal 1 Desember 2013:
      • Bagi yang memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) berusia setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun dan SMK / SLTA yang bukan melamar sebagai Rescuer, berusia setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun;
      • Khusus yang memiliki ijazah SMK / SLTA yang melamar sebagai Rescuer, berusia setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun.
  • Bagi pelamar yang memiliki ijazah SMK / SLTA dan melamar sebagai Rescuer:
    • Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 165 cm serta memiliki berat badan normal.
    • Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta memiliki berat badan normal.
    • Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS.
    • Mampu berenang, dan apabila dinyatakan lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional wajib menyerahkan fotokopi sertifikat renang.
    • Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.
  • Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK).
    • Bagi yang berijazah SMK / SLTA memiliki nilai rata-rata STTB = 7,00.
    • Bagi pelamar yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3):
      • Lulusan Perguruan Tinggi Negeri / Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, nilai IPK = 2,75.
      • Lulusan Perguruan Tinggi Negeri / Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B atau C, nilai IPK = 3.
  • Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) mampu berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat.
  • Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), atau SMK yang melamar sebagai Operator Komputer, mampu mengoperasikan komputer MS-Office yang dibuktikan dengan sertifikat, kecuali bagi yang melamar dengan ijazah S1 Informatika / D3 Komputer / D3 Informatika.
  • Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
  • Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting / giwang atau pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.

Kualifikasi Pendidikan

  • SLTA / SMK + Sertifikat Renang 107 Orang
  • SMK + Serifikat Komputer 1 Orang
  • SMK Pengatur Rawat Gigi 1 Orang
  • D3 Administrasi 7 Orang
  • D3 Administrasi Perkantoran 9 Orang
  • D3 Akuntansi 8 Orang
  • D3 Desain Grafis 1 Orang
  • D3 Elektronika Pesawat 1 Orang
  • D3 Ilmu Administrasi 1 Orang
  • D3 Informatika / D3 Administrasi 2 Orang
  • D3 Informatika / D3 Statistik 1 Orang
  • D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS / ACLS) 3 Orang
  • D3 Komputer 3 Orang
  • D3 Mesin Pesawat 2 Orang
  • D3 Perkapalan 2 Orang
  • D3 Sekretaris 2 Orang
  • D3 Teknik Elektro 8 Orang
  • S1 Akuntansi 23 Orang
  • S1 Akuntansi / S1 Administrasi Niaga 9 Orang
  • S1 Elektro Komunikasi 2 Orang
  • S1 Hukum 1 Orang
  • S1 Informatika / S1 Teknik Sipil / S1 Hukum Internasional / DIV LLU / DIV Nautika 2 Orang
  • S1 Komunikasi 1 Orang
  • S1 Olahraga 3 Orang

Tahapan dan Pelaksanaan Seleksi

Seleksi pengadaaan CPNS Basarnas dilakukan melalui tahapan:
  • Seleksi Administrasi.
  • Seleksi Tertulis.
  • Khusus pelamar sebagai Rescuer, selain wajib memenuhi syarat administrasi juga wajib memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar yang dilaksanakan melalui pengujian dengan sistem gugur.
Jika Anda memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan di atas dan tertarik untuk melamar, silahkan download pengumuman lengkap dari link pertama berikut ini, kemudian daftarkan diri Anda melalui link kedua. Pendaftaran secara on line dibuka mulai hari Jumat tanggal 13 September 2013 sampai dengan hariJumat tanggal 27 September 2013. Dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013, pelamar tidak dipungut biaya apapun. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang dibebankan kepada para pelamar oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Panitia Pengadaan CPNS di lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013 atau Badan SAR Nasional.

Pengumuman Lengkap | Lamar